Pengeringan Bunga Telang Martani

Setelah berhasil mengajak si Mbah menanam bunga telang pada awal Mei 2017, sebulan kemudian kami menawarkan untuk juga mengeringkan bunga telang, agar siap jual. Secara bertahap pendampingan dilakukan. Pada bulan Agustus, pasokan bunga telang kering hasil pengeringan si Mbah sudah ajeg produksinya.

jemur telang
Jan 2018. Memisahkan setiap bunga telang agar kering sempurna.

Pengeringan bunga telang mengandalkan sinar matahari. Menggunakan energi yg ada dan berlimpah. Teknologi sederhana, murah tanpa tambahan biaya selain tenaga kerja manusia.

Ketekunan untuk memisahkan setiap petal bunga telang agar mendapatkan bunga telang yg kering sempurna. Bunga telang mengandung kandungan air yg tinggi. Pengeringan dilakukan agar kadar air bunga telang berkurang sehingga bunga telang tidak cepat busuk – bisa didistribusikan ke konsumen di berbagai daerah.

Jika pengeringan tidak sempurna, terjadi pada musim hujan Oktober – November, bisa dilihat timbul lapisan putih seperti jamur. Warna seduhan bunga telang berlapis putih ini, tetap biru. Hanya tampilannya saja yg dirasa kurang.

Pada saat musim hujan, kami menyarankan agar pemetikan bunga telang dilakukan siang hari, saat sisa air hujan malam hari mulai mengering. Hal lain yg kami sarankan adalah mengurangi jumlah panenan bunga telang. Petik seperlunya. Anggap itu sebagai batas kemampuan (carrying capacity).

 

Pembagian Waktu dan Kerja

Panen bunga telang dilakukan oleh dua orang, pada awalnya. Memasuki bulan ke 4 ketika 130 rumpun bunga telang sudah berbunga sempurna, si Mbah mengajak anak, mantu dan cucunya untuk membantu. Pada hari Minggu, pemetik bunga telang bisa 5-7 orang. Pada hari biasa, 4 orang.

jemur telang 2

Kegiatan mengeringkan bunga telang dilakukan pada siang hari setelah panen bunga telang dan aktivitas ke sawah di pagi hari. Bunga segar ditaburkan di atas tampah, dijemur di bawah sinar matahari. Setelah layu, sekitar satu hari penjemuran langsung, bunga telang dipisahkan manual dengan tangan. Agar bunga telang tidak menumpuk.

bunga telang martani
Tampah pengeringan bunga telang hari ke-3.

Pada hari kedua pengeringan, setelah bunga telang dipisahkan satu-persatu, tampah bunga telang di taruh di lemari pengering. Sebuah lemari yg terbuat dari plastik hitam. Pada hari ketiga, pengeringan cukup dilakukan dengan diangin-angin. Siap untuk dikemas.

Nasi Biru Bunga Telang

Sebagai pengganti waktu, kami mengusulkan agar mulai masuk tahapan berikutnya. Yaitu mengolah bunga telang menjadi makanan siap santap. Nasi kucing biru bunga telang menjadi opsi. Perlahan si Mbah Putri mulai memasak untuk dititip ke penjual snack di pasar.

Setelah beberapa saat, pesanan nasi kucing biru mulai berdatangan. Mulai dari tetangga dan Bu Dukuh, memesan nasi kucing untuk acara nonton wayang bareng di Balai Desa.

Getuk biru bunga telang dan karak biru adalah hal berikutnya yg si Mbah Putri mampu produksi.

Kolang-Kaling Biru Bunga Telang

Selalu suka dengan kolang-kaling, atau biasa disebut buah atap, yaitu biji pohon Aren (Arenga pinnata). Hidangan wedang ronde akan ditambahkan kolang-kaling warna merah atau hijau. Kali ini kami tawarkan kolang-kaling warna biru.

Kutipan info kolang-kaling dari Wiki. Makanan diet, penghilang nyeri sendi, kandungan kalsium setara tulang sapi (emang kita makan tulang sapi haha), pelancar BAB (testimoni beberapa konsumen kami).

Kandungan karbohidrat yang dimiliki kolang kaling bisa memberikan rasa kenyang bagi orang yang mengonsumsinya, selain itu juga menghentikan nafsu makan dan mengakibatkan konsumsi makanan jadi menurun, sehingga cocok dikonsumsi sebagai makanan diet.[4]Kolang-kaling juga bermanfaat untuk mengobati nyeri sendi dan mengandung kalsium sama dengan tulang sapi.[5] Kandungan mineral seperti protasium, iron, kalsium mampu menyegarkan tubuh dan memperlancar proses metabolisme tubuh.

Birunya cakep lho. Pewarna alam pulak. Biru dari si biru bunga telang.

Kolang-kaling biru, alpukat, tape dan parutan coklat* (kiriman kawan dari Makasar, asli coklat tanpa tambahan lain). Untuk siang yg panas di negri tropis. Salam dari Warung Martani Prambanan.

Resep:

Rebus 9 bunga telang dengan dua gelas air. Tambahkan kolang-kaling. Biarkan sampai kolang-kaling empuk, sekitar 15 menit. Matikan kompor. Biarkan setengah jam sampai warna biru meresap ke dalam kolang-kaling.

Ambil kolang-kaling biru, alpukat, tape. siram air santan kental. Tambahkan gula cair dan es jika suka. Hidangkan.

.

*Pak De Peni. Ini coklat kirimannya sudah dipakai. Salah-satunya untuk taburan es buah kolang-kaling. Coklat yg bener tuh memang rasanya pahit. Yang manis tuh gula, krim dan campuran susu yg kadang-kadang berlebihan. Asiknya punya temen yg mendampingi petani coklat. Terimakasih.

Tertarik bunga telang kering dan coklat murni? Untuk pemesanan es buah kolang-kaling, bisa melakukan reservasi di warung pecel Prambanan. Tiga km dari Candi Prambanan. Reservasi dulu yah.

Kontak Yusup 0813.1780.5953 untuk detil info dan pemesanan produk Martani.

Akar Alang-Alang dan Teh Biru Bunga Telang di Warung Martani

Tanaman alang-alang diajarkan di sekolah sebagai rumput pengganggu, gulma istilahnya. Pada areal hutan yg baru dibuka, lahan tidur, maka alang-alang lah yg akan segera muncul. Para petani yg memakai system ladang bergilir akan mengeluh dengan kehadiran alang-alang. Penyabit rumput ternak kambing sapi pun enggan mengambil rumput ini karena memang daunnya keras – tidak bisa dikonsumsi ternak. Sebegitu tidak bergunanya kah alang-alang?

Teh Celup Biru Bunga Telang.

Eurih dalam Bahasa Sunda. Imperata cylindrica bahasa latinnya. Kayaknya Ebiet G Ade merujuk rumput yg bergoyang ke allant-alang deh. Hayo goceng-goceng haha. Ntar kalo ketemu, ta tannin yah.

Tumbuh merumput dengan tunas yang merayap di dalam tanah. Tingginya 30 – 180 cm, mudah berkembang biak, mempunyai rimpang kaku yang tumbuh menjalar. Batangnya padat, bukunya atau ruasnya berambut jarang.

Bunganya menguncup dengan panjang 6 – 30 cm, berwarna putih dan mempunyai biji-biji sangat kecil sekitar 1 mm dan berwarna coklat tua. Bunga atau bijinya berambut halus dan mudah diterbangkan angin. Tumbuhan itu dapat hidup pada ketinggian 1 – 2.700 meter di atas permukaan laut.

Entah sejak tahun berapa si rumput alang-alang malah dicari orang sebagai salah-satu herbal yg ampuh. Bagian rimpang – serumpunan akar baik yg masih basah maupun yg dikeringkan yg biasa digunakan herbal. Kalau tanaman ini begitu berguna, kenapa tidak ada kebun yg khusus menanam alang-alang? haha

Seiikat rimpang alang-alang kering siap seduh. Order kontak Yusup 0813.1780.5953.

Kalau ditanya apa khasiatnya alang-alang, google akan menawarkan banyak link yg mencantumkan setidaknya 20-an manfaat alang-alang. Melancarkan air seni, hipertensi, obat demam, kencing batu, radang paru-paru, asma, mimisan, hepatitis, prostat, diare, keputihan dan sari rapet, air kencing berdarah, kencing nanah, muntah darah, radang ginjal, asam urat.

Begitulah karakteristiknya tanaman herbal di negri ini. Satu tanaman punya banyak sekali khasiat. Tapi tetep kalau berobat berangkat ke Singapur atau Thailand (buat yg punya yang hehe). Lebih marem katanya.

Konon tidak disarankan ramuan alang-alang untuk yg punya lambung lemah dan sering beser. Kalau orangnya punya maag tapi keputihannya pengen sembuh gimana? Mbuh ora weruh. Mungkin dosis khusus. Wong petunjuk yg ada sangat general sekali, 500 gr direbus dengan 2 gelas sampai sat satu gelas, diminum 3 hari sekali. Para apoteker laboran mbok ya ada yg mau sharing serius di blog-nya gitu yah haha.

Rimpang alang-alang kering siap seduh.

Teh Biru Bunga Telang Alang-Alang
Di Martani kami menggunakan akar alang-alang sebagai campuran teh biru bunga telang. Memberi sensasi tisane yg khas. Kalau mau lebih kuat lagi, bisa ditambahkan kapulaga dan potongan Kayu Mesoyi yg biasa ditambahkan di wedang jahe. Rasa khas Mesoyi, dipadu dengan rasa jahe, biasa dinikmati para turis yg datang ke Jogja, sambil nongkrong di alun-alun, lesehan di trotoar. Nah turis Jogja banget deh.

Teh biru dicampur akar wangi juga enak, harum. Sereh wangi berbeda dengan sereh masak. Bagian tanaman sereh wangi yg diambil untuk minuman adalah daunnya, sedangkan bagian tanaman sereh masak yg biasa dipergunakan  adalah pangkal batang (dekat akar). Beberapa konsumen kami memilih batang sereh masak yg digeprek yg dipakai untuk pengaduk gelas teh biru bunga telang, beberapa suka dengan harumnya daun sereh wangi. Ada juga yg keberatan dengan bauk sereh wangi yg katanya identik dengan lotion obat nyamuk merk ttt.

Jika anda datang ke Warung Limasan Martani, silakan memesan teh biru bunga telang dengan aneka tambahan rasa sesuai selera. Kami akan siapkan disesuaikan dengan ketersediaan stok herbal yg ada.

Resep:
Ambil tiga rimpang alang-alang. Cuci bersih. Masukkan ke rebusan dua gelas air. Tambahkan 5 helai bunga telang kering. Biarkan mendidih jadi satu gelas. Minum selagi hangat. Tambahkan madu jika suka.

Kami membantu mendistribusikan alang-alang kering siap seduh yg kami dapat dari tukang jamu langganan. Bunga telang kering kami panen dari kebun petani lokal di daerah Trucuk dan Polanharjo, Klaten.

Kontak Yusup 0813.1780.5953 untuk mendapatkan alang-alang dan bunga telang kering siap seduh.

Menikmati teh biru bunga telang alang-alang bersama ibu-ibu di Dukuh Tulung, Kalasan.

Beberapa link terkait khasiat alang-alang:

 

Testimoni Khasiat Bunga Telang

Testimoni biasanya dilakukan para konsumen pemakai satu jenis produk ttt. Misalnya obat jerawat, pemutih kulit, peninggi badan, penurun berat badan, menyebut beberapa yg kekinian.

Testimoni yg kami terima dari Si Mbah yg pada awalnya dikenalkan minum teh biru bunga telang setelah berkunjung ke Warung Martani Tulung Kalasan. Kebetulan rumah si Mbah berdekatan dengan Warung Martani.

Si Mbah datang ke Limasan Martani, minta ijin memetik bunga telang yg tumbuh di halaman. Setelah rajin menyeduh bunga telang, pegel-pegel badan berkurang, katanya. Silakan petik Mbah. Senang mendapat masukan bahwa tanaman di halaman berguna untuk orang lain.

Seorang ibu yg lain, rajin meminum seduhan bunga telang untuk mengencerkan darah katanya. Kalau beli obat di apotik ya lumayan, jadi saya minum seduhan herbal saja untuk menjaga kesehatan, imbuhnya lebih jauh. Wah malah sehat itu Bu. Herbal segar petik langsung jelas tanpa pengawet!

Ada zat pemberi rasa rileks yg dikandung dalam warna biru si bunga telang. Farmakologi secangkir teh biru bunga telang belum dituliskan secara detil, pengetahuan tentang khasiat bunga telang didapat dari penelusuran dunia maya. Tetapi testimoni seperti ini akan memperkuat bahwa herbal alami memang menyehatkan tubuh.

 Bunga Telang: Menghilangkan pegal, mengencerkan darah.

Kami mengemas bunga telang menjadi teh celup biru bunga telang. Praktis memudahkan konsumen mengkonsumsi teh biru. Tinggal seduh air panas, siap dihidangkan.

Produk terbaru kami yaitu teh celup hijau bunga telang. Yes hijau warnanya. Serbuk bunga telang yg dicampur dengan serbuk sereh wangi menghasilkan warna hijau. Cakep warnanya. Segar diminum saat hangat.

Beberapa konsumen Martani penderita maag bilang kalau konsumsi teh hijau bunga telang menghilangkan rasa melilit di perut yg biasanya menyerang para penderita penyakit ini. Sereh wangi memang dikenal punya zat untuk menyehatkan.

Serai Wangi bernama latin Cymbopogon nardus L., sedangkan sereh yg biasa dipakai memasak bernama latin Cymbopogon cytrates. Daun sereh wangi: digunakan sebagai peluruh angin perut, penambah nafsu makan, pengobatan pasca persalinan, penurun panas dan pereda kejang.

Teh celup ungu adalah campuran antara serbuk bunga telang dan rosela. Produk ini mulai ngehits karena warna maroonya memang sangat menarik. Beberapa konsumen mengakui kalau teh ungu bunga telang bisa disejajarkan dengan teh earl grey impor. Jajaja ….. Sukurnya teh ungu ini produk petani sendiri.

Inilah kandungan zat istimewa yang ada didalam teh rosella:

  • Dalam 100 gr bunga Rosella terdapat 260 sampai 300 mg nutrisi termasuk Vitamin  A, C dan D
  • Mengandung vitamin B diantaranya Thiamin 0,118 mg, Riboflavin 0,278 mg, Niacin 3765 mg
  • Memiliki kandungan kalsium tinggi sebesar 486 mg
  • Memiliki kandungan protein yang baik sebesar 7,6 gr
  • Memiliki kandungan zat besi yang tinggi 8.98 mg
  • Mengandung kalium dan natrium
  • Mempunyai 18 jenis Asam amino Essensial termasuk Agrinine dan zat Lysine
  • Memiliki serat yang tinggi 12 gr, betakaroten sebesar 0,029 mg, Omega 3, Magnesium
  • Zat Gossipetin, antosianin, Glukosida hibiscin, senyawa Fenolik

Biji Bunga Telang

Kami banyak mendapat permintaan biji bunga telang. Bagaimana cara menanamnya. Bagaimana bentuk pohonnya.

Biji bunga telang kami berikan kepada pelanggan produk Martani. Silakan mampir ke warung pecel PSSM Martani. Atau kontak Yusup 0813.1780.5953.

Pasar Sagan 2016

Martani ikut aktif berjualan di Pasar Sagan. Ini adalah aktivitas komunitas beberapa vendor produk makanan dan kerajinan di Jogja. Syaratnya sederhana saja saat mau ikutan berjualan di pasar ini, produk dagangan adalah barang yg diproduksi sendiri tutur Sarah sang koordinator pasar. Ini akan memudahkan sang penjual menjelaskan kepada pembeli tentang asal-usul dan kegunaan barang itu.

Pada awal Pasar Sagan kami hadir dengan pecel PSSM Martani. Sekeranjang sayuran rebusan dan bumbu kacang kami jual dengan harga 7 ribu per porsi. Nasi merah, hitam atau tiwul, tergantung musim ketersediaan bahan dasar yg ada. Teh biru bunga telang juga kami sediakan seharga 3 ribu rupiah per gelas.

Nasi Biru Bunga Telang

Nasi biru bunga telang dibuat dari nasi putih yg ditambahkan teh biru bunga telang saat pembuatannya. Sangat mudah, siapa saja bisa membuatnya. 
Anda dapat mengatur kadar warna biru nasi biru bunga telang. Jika terlalu malas untuk menyeduh bunga telang menjadi teh biru, langsung saja tambahkan beberapa buah bunga telang ke dalam penanak nasi. Nyalakan dan tunggu sampai matang. Nasi biru siap dihidangkan.

Bunga Telang Martani

Stiker Bunga Telang Martani by APK

Ada banyak pertanyaan, apa tuh bunga telang? Kenapa bunga telang mengeluarkan warna biru? Apa khasiat teh biru bunga telang? Apa rasa teh biru bunga telang? Makanan apa saja yg bisa menggunakan bunga telang untuk pemberi warnanya?

Bunga Telang itu namanya. Clitoria ternatea nama latinnya. Tanaman ini tumbuh merambat, oleh karenanya baik dipakai sebagai tanaman penutup / rambatan di pagar atau tembok rumah . Saat matahari pagi bersinar, morning blossom memang istilah yg pas. Puluhan bunga biru akan bermekaran menyambut anda seperti hamparan permadani motif tutul-tutul.

Ambil beberapa bunga telang segar, seduh air panas. Biarkan sejenak, aduk. Tambahkan jeruk nipis akan mengubah warna teh biru menjadi ungu. Tambahkan gula jika suka (saya sih suka rasa tawarnya).

The biru bunga telang mulai marak di warung-warung kecil, bukan hanya di cafe-cafe kota besar. Kenapa begitu. Karena kami ingin melihat si produsen petani bunga telang juga mendapat keuntungan finansial dan eksis atas usahanya mengembang-biakkan bunga telang.

Ditanam di sekitaran warung, dipetik ketika pagi, dikeringkan dan dikemas jika ada yg membutuhkan.

Sampoo ekstraksi bunga telang produksi Thailand. Belum pernah lihat ada yg produksi di Indonesia. Semoga segera ada lah. Tantangan buat kita semua untuk mengolah produk pertanian kita.

 

Jajaran bunga telang segar siap dikeringkan. Tujuan pengeringan agar dapat disimpan lebih lama. Martani menjual bunga telang kering siap seduh.

 

Tanaman bunga telang tumbuh merambat.

Order bunga telang kontak Yusup 0813.1780.5953.