About Martani

Lembaga Koalisi Rakyat Kedaulatan Pangan (KRKP) berupaya membantu kemandirian petani produsen pangan melalui usaha perdagangan beras yang adil. Hasil kajian KRKP mengenai peta rantai pasar beras sehat vaietas lokal menunjukan bahwa:

  1. Petani produsen beras lokal sehat membutuhkan jaminan pasar dan harga yang memadai sebagai insentif dalam berbudidaya secara sehat; dan
  2. Kebutuhan konsumen atau pangsa pasar beras lokal sehat terus tumbuh terutama di kalangan menengah ke atas perkotaan. Mereka memerlukan pasokan beras sehat yang ajeg secara kuantitas dan kualitas dengan harga yang masuk akal.

KRKP membentuk unit usaha perdagangan beras lokal sehat dengan nama Martani dan memfasilitasi pembentukan unit usaha kelompok tani di wilayah kerja KRKP dalam bentuk Badan Usaha Milik Petani. Keduanya akan berbadan hukum Perseroan Terbatas dengan anggota pemegang saham para pelaku dalam rantai produksi-pasar beras lokal sehat. Spirit utama yang melandasi pengelolaan usaha Martani dan BUMP adalah “one man one vote”.

Martani

  • Martani adalah badan usaha berupa PT yang dibentuk oleh KRKP
  • Pemilik saham Martani adalah individu: 1) anggota KRKP baik personal atau mewakili lembaga, dan 2) para pelaku dalam rantai produksi-pasar Martani
  • Spirit koperasi “one man one vote” menjadi landasan manajemen organisasi Martani. Oleh karenanya, tidak akan ada pemegang saham mayoritas, semua pemegang saham akan mempunyai besaran saham yang sama.
  • Tugas dan fungsi Martani: 1) menjamin ketersediaan pasar bagi beras sehat yang diproduksi oleh para petani produsen dalam lingkup anggota KRKP, 2) menyediakan beras sehat berkualitas  bagi konsumen secara ajeg, dan 3) mendapatkan keuntungan
  • Usaha pokok Martani adalah perdagangan beras sehat hasil produksi petani dampingan anggota KRKP. Beras sehat yang diperdagangkan adalah jenis: menthik susu, hitam, merah, pandan wangi, quena dan IR 64. Quena merupakan beras oplosan menthik wangi dan genjah rante.
  • Martani membeli beras sehat dari unit usaha kelompok tani dan LSM anggota KRKP
  • Wilayah produsen beras lokal sehat Martani adalah Kabupaten Magelang, Boyolali, Klaten, dan Bantul.
  • Martani akan menjual beras sehat kepada outlet atau agen unit usaha dari LSM anggota KRKP
  • Wilayah penjualan beras sehat Martani adalah Jabodetabek, Yogyakarta, Semarang dan Purwokerto
  • Martani akan memberikan asistensi kepada penjual, usaha kelompok tani dan anggota LSM, agar pasokan beras sehat lancar dan ajeg secara kuantitas dan kualitas. Asistensi dapat berupa: penyuluhan budidaya, penanganan pasca panen, pengembangan usaha ikutan dan permodalan.
  • Martani juga akan memberikan asistensi kepada pembeli, agen dan outlet unit usaha LSM anggota KRKP, berupa: pengemasan, promosi kepada konsumen, pengembangan usaha ikutan, dan permodalan

Asosiasi Tani Organik Sawangan.

label MARTANI-3 - Copy

 

APPOLI-Boyolali

Lumbung Tales – Bantul

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *