Beras Hitam Martani

Penduduk menyebut beras hitam dengan nama berbeda-beda. Di China, beras hitam disebut Beras Terlarang, karena di masa kekaisaran Cina hanya boleh dikonsumsi para bangsawan dan rakyat dilarang memakannya. Di Solo, beras ini dikenal dengan nama Beras Wulung, di Cibeusi, Subang, Jawa Barat beras Gadog, di Sleman beras Cempo Ireng atau beras Jlitheng, dan di Bantul beras Melik.

Beras hitam mengandung banyak aleuron dan endospermia memproduksi antosianin sehingga warna beras menjadi ungu pekat mendekati hitam. Zhimin Xu, staf pengajar Ilmu Pangan di Louisiana State University of Agricultural Center di Baton Rouge, Louisiana melaporkan bahwa selain antioksidan, antosianin, beras hitam juga mengandung kadar gula yang lebih sedikit, lebih banyak serat dan vitamin E. Disamping rasanya yang enak, pulen, dan wangi, beras hitam juga memiliki keunggulan lain, misalnya manfaatnya bagi kesehatan.

Kandungan Gizi

Beras hitam berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, memperbaiki kerusakan sel hati (hepatitis dan chirosis), mencegah gangguan fungsi ginjal, mencegah kanker/tumor, memperlambat penuaan, sebagai antioksidan, membersihkan kolesterol dalam darah, dan mencegah anemia. Berbagai studi menunjukkan bahwa antioksidan antosianin dapat mengurangi kadar kolesterol lowdensity lipoprotein (LDL), atau kolesterol jahat di dalam darah dan dapat membantu memerangi penyakit jantung. Penelitian mengenai kandungan nutrisi beras menunjukkan bahwa beras hitam mengandung zat besi sebesar 15,52 ppm, jauh lebih tinggi dibanding beras dari varietas IR64, Ciherang, Cisadane, Sintanur, Pandanwangi, dan Batang Gadis. Tingginya kandungan zat besi menjadikan beras hitam sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita anemia.

Beras hitam mengandung sedikit protein, namun kandungan besinya tinggi yaitu 15,52 ppm, jauh lebih tinggi dibanding beras dari varietas IR64, Ciherang, Cisadane, Sintanur, Pandanwangi, dan Batang Gadis yang kandungan besinya berkisar antara 2,9-4,4 ppm. Beras hitam juga indek glikemiknya rendah <55 sehingga cocok untuk penderita diabetes.

Berdasarkan indeks glikemik, makanan dibagi menjadi tiga kelompok yaitu makanan dengan indeks glikemik rendah (indeks glikemik <55), makanan dengan indeks glikemik sedang (indeks glikemik antar 55-75) dan makanan dengan indeks glikemik tinggi (indeks glikemik >75) 23.Menurut penelitian dari Yang et al, 2006 indeks glikemik beras hitam jauh lebih rendah daripada beras putih. Indeks glikemik beras hitam adalah sekitar 42,3±9,0, sedangkan indeks glikemik dari beras putih adalah 82,3±3,1.

Berdasarkan kelompok tersebut beras hitam termasuk dalam kelompok makanan dengan indeks glikemik rendah dan beras putih termasuk dalam kelompok makanan dengan indeks glikemik tinggi. Mengkonsumsi makanan yang mempunyai indeks glikemik rendah akan memperlama rasa kenyang dan mampu menjaga kestabilan kadar gula darah. Makanan dengan indeks glikemik tinggi tidak bagus untuk penderita diabetes mellitus dan orang yang mengalami gangguan keseimbangan kadar gula darah.

Zat besi dibutuhkan tubuh dalam pembentukan sel darah merah. Pengkayaan zat besi pada beras untuk mengatasi anemia yang dewasa ini digalakkan tampaknya perlu mulai berpaling pada beras hitam atau beras merah.

Tabel 1. Hasil analisis nutrisi beras hitam

Nutrisi Beras Hitam
Pati (%)
Amilosa (%)
Amilopektin (%)
Bheta caroten (mg/100 gr)
Antosianin (ppm)
75,5158
22,9728
51,5429
804,5429
393,928

Beras hitam mempunyai beberapa keunggulan yaitu selain nasinya lunak dan wangi juga nasinya pulen karena kadar anilosanya mendekati 22%. Menurut Soemantri et al., 2005, kadar anilosa antara 20%-22% termasuk padi yang mempunyai nasi pulen. Selain kepulenan, ada keistimewaan lain bahwa beras hitam ini memiliki kandungan Betha caroten dan antosianin yang cukup tinggi. Betha caroten dan antosianin ini merupakan jenis yang paling potensial dalam melarutkan radikal bebas. Ada beberapa sumber antioksidan alami yaitu vitamin E, vitamin C, antosianin dan Betha-caroten (http ://forlima-wordpress.com.2008). Riset menunjukkan, warna beras kian gelap, pigmen anti penuaan di lapisan luar beras kian menonjol. Sudah tentu, peran pigmen beras hitam adalah paling baik diantara berbagai jenis beras berwarna, yang disebabkan aleuron dan endospermia memproduksi antosianin dengan intensitas tinggi, sehingga warna ungu pekat mendekati hitam.

Warna hitam pada beras adalah zat warna antosianin yang merupakan pigmen tanaman dan merupakan komponen flavanoid yaitu turunan polifenol pada tumbuhan yang memiliki kemampuan antioksidan dan anti kanker. Selain berfungsi sebagai antioksidan, kegunaan lain pada flavanoid adalah meningkatkan air susu ibu. Beras hitam mengandung asam folat lebih tinggi dibanding beras putih. Hal ini juga membuat beras hitam unggul dalam memperlambat proses berkurangnya daya ingat dan dapat menyingkirkan sumbatan pembuluh darah pemicu serangan stroke dan jantung koroner.

Kandungan serat makanan yang relatif tinggi (diatery fiber) sangat baik bagi pencernaan sehingga dapat mencegah sembelit. Kandungan serat yang tinggi juga membuat kita lebih kenyang dan tidak mudah lapar sehingga cocok untuk pola diet. Dengan mengkonsumsi beras hitam menyebabkan indeks gula darah lebih rendah dibanding beras biasa. Rendahnya indeks gula dalam darah menyebabkan naiknya kadar gula dalam darah lebih lambat dibanding dengan kentang atau roti sehingga dapat menjaga kestabilan jumlah energi dan akhirnya dapat mengendalikan diabetes. Oleh karena itu, penderita penyakit kencing manis, pembuluh darah dan jantung dapat mengkonsumsi beras hitam ini sebagai makanan penyehat badan. Informasi hasil penelitian para ahli yang lain, beras hitam mempunyai khasiat meningkatkan ketahanan tubuh, memperbaiki kerusakan sel hati, mencegah gangguan fungsi ginjal, mencegah kanker/tumor, memperlambat penuaan, sebagai antioksidan, membersihkan kolesterol dalam darah dan mencegah anemia.

Mari mengkonsumsi beras hitam yang penting untuk kesehatan sekaligus sebagai usaha pelestarian plasma nutfah padi beras hitam. Beras hitam merupakan salah satu pangan fungsional yang perlu kita lestarikan. Pangan fungsional dapat diartikan sebagai pangan yang secara alami atau telah melalui proses tertentu mengandung satu atau lebih senyawa yang berdasarkan kajian-kajian ilmiah dianggap mempunyai fungsi-fungsi fisiologis tertentu yang bermanfaat bagi kesehatan (Kristamtini).

Sertifikat Organik ASOSIASI TANI ORGANIK SAWANGAN (TOS), Magelang

Sertifikat Organik diberikan kepada Asosiasi Tani Organik Sawangan (TOS), Magelang. Alamat Kelompok Tani TOS adalah Jalan Raya Blabak-Boyolali Km 6, Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. No Sertifikat adalah 077-LSPO-005-IDN-12-13. Ruang lingkup sertifikasi meliputi padi dan palawija. Sertifikat Organik ini dikeluarkan oleh LeSOS, Lembaga Sertifikasi Organik Seloliman.

LeSOS menyatakan bahwa Kelompok Tani TOS telah memenuhi persyaratan secara konsisten sesuai Pedoman SNI 6729-2010 dan Dokumen Internal Control System (ICS). Sertifikat ini ditandatangani di Mojokerto, 18 Desember 2013 oleh Direktur LeSOS, Purnomo drh.

Lembaga Sertifikasi Organik Seloliman, LeSOS. Salah satu lembaga sertifikasi organik yang telah diakui dan resmi mendapat sertifikat dari Otoritas Kompeten Pangan Organik (OKPO) sejak November 2007 adalah Lembaga Sertifikasi Organik Seloliman atau yang dikenal dengan LeSOS. OKPO merupakan salah satu salah satu team teknis dari Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian dibawah naungan Menteri Pertanian Republik Indonesia. Pada tahun 2009 LeSOS juga telah diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) sebagai salah satu Lembaga Sertifikasi Pangan Organik (LSPO) di Indonesia.

Lembaga Sertifikasi Organik Seloliman, LeSOS adalah salah satu lembaga sertifikasi pertama di Indonesia yang berhak melakukan investigasi, mengeluarkan sertifikat dan label organik untuk berbagai macam produk organik, petani dan kelompok tani, koperasi, perusahaan, dan lain-lain yang telah memenuhi persayaratan.

Informasi lebih jauh dapat dilihat di web LeSOS http://www.lesosindonesia.com

Nasi Wiwit Martani

Nasi Wiwit

Masyarakat di sekitaran Prambanan, tempat Warung Martani di Dusun Tulung, Desa Taman Martani, Kalasan Jogja, nasi wiwit biasa dinikmati pagi hari untuk sarapan. Seorang ibu bakul bersebeda keliling, masuk-masuk diantara gang jalan kecil diantara rumah-rumah, akan berteriak memanggil para pelanggannya, nasi wiwit gudangan buuuuuuuuuu…….

Harga per bungkus seribu rupiah. Seperti nasi kucing lah ukurannya. Udah lengkap paket nasi wiwit ini. Ada nasi dan sayuran mentah yg dipotong-potong kecil. Bungkus daun pisang menambah rasa enak nasi wiwit. Dan ramah lingkungan karena pembungkusnya mudah diurai tanah.

Nasi wiwit juga bisa didapatkan di Pasar Tulung, sebuah pasar dusun dimana ibu-ibu memenuhi kebutuhan hariannya. Biasanya si penjual nasi wiwit juga menjual nasi gudangan. Bedanya, nasi wiwit tuh sayurannya mentahan, sedangkan nasi gudangan menggunakan sayuran yg direbus. Bumbunya sih sama urab parutan kelapa muda.

Kami menyukai sarapan nasi wiwit bungkus nasi kucing seribu per bungkus atau yg beli ngecer tiga ribu per porsi. Pas untuk sarapan pagi, tidak terlalu berat walau itu suguhan nasi putih. Potongan sayuran mentah, kelapa muda dan sambal kedelai (sambal gepeng istilah beberapa orang) menjadi pelengkap yg jossss. Semriwing daun jeruk dan kencur yg bikin khas banget nih sego wiwit.

Kalau mau cari nasi wiwit siang hari, nah. Nasi wiwit dihidangkan di rumah makan dan restoran dengan harga yg berbeda tentunya dengan harga di Pasar Tulung. Kalau mau hunting kuliner memang harus berani blusukan ke pasar-pasar tradisional yg kebanyakan beroperasi pagi hari (gak berlaku untuk orang malas bangun pagi haha). Ada beberapa rumah makan sekitaran Candi Prambanan yg menyediakan menu nasi wiwit. Limasan Martani salah-satunya.

Nasi Wiwit Martani

Di Limasan dan Warung Martani kami menyediakan nasi wiwit jika ada pesanan dari rombongan turis atau kelompok tetamu yg merindukan menikmati makanan memorinya di rumah kayu bergaya jawa limasan. Tidak menggunakan MSG tentunya.

Menggunakan beras sehat tanpa pestisida, nasi hitam, merah, coklat atau putih tergantung selera dan pesanan. Kenikir, kacang panjang, cabe, kencur, kelapa kami dapatkan dari petani sekitaran. From garden to the table perlahan kami cobakan di Warung Martani.

Ayam goreng kalasan, tahu tempe bacem, kerupuk, sambal menjadi pelengkap nasi wiwit. Kami menggunakan ayam organik untuk hidangan tetamu Limasan Martani. Pinarak.

Nasi wiwit menjadi salah-satu menu jualan kami di Pasar Sehat Jogja atau pameran yg biasanya kami ikuti. Kami memodifikasi warna nasi menjadi biru bunga telang. Pengunjung pameran berbondong membeli nasi kucing (nasi dalam ukuran kecil dibungkus daun pisang) untuk menghilangkan rasa laparnya. Sangat khas Jogja, nasi kucing, memastikan semua mendapat asupan nutrisi baik.

Resep Nasi Wiwit

Bahan:

  • Sayuran: kenikir, kacang panjang, kubis. Potong kecil tipis. Memastikan agar sayuran mentahan tercampur merata dengan bumbu tabur.
  • Parutan kelapa muda.
  • Bumbu haluskan: garam, gula, cabe, bawang putih, kencur, daun jeruk.
  • Sambal kedelai goreng. Haluskan kedelai goreng, tambahkan garam, gula, cabe, bawang putih, kencur, daun jeruk.
  • Campurkan parutan kelapa bubu urab dengan sayuran mentahan. Taburi sambal kedelai goreng.

Murah dan sehat kita punya!

Kontak Yusup 0813.1780.5953 untuk membuat reservasi Warung Martani.

Alamat Limasan Martani: Dusun Tulung RT 1 RW 1, Desa Taman Martani, Kalasan.

#martani #berasehat #berasehatuntuksemua #warungmartani #indonesiaharusayangpetani #panganlokal #pangansehat

Kolang-Kaling Biru Bunga Telang

Selalu suka dengan kolang-kaling, atau biasa disebut buah atap, yaitu biji pohon Aren (Arenga pinnata). Hidangan wedang ronde akan ditambahkan kolang-kaling warna merah atau hijau. Kali ini kami tawarkan kolang-kaling warna biru.

Kutipan info kolang-kaling dari Wiki. Makanan diet, penghilang nyeri sendi, kandungan kalsium setara tulang sapi (emang kita makan tulang sapi haha), pelancar BAB (testimoni beberapa konsumen kami).

Kandungan karbohidrat yang dimiliki kolang kaling bisa memberikan rasa kenyang bagi orang yang mengonsumsinya, selain itu juga menghentikan nafsu makan dan mengakibatkan konsumsi makanan jadi menurun, sehingga cocok dikonsumsi sebagai makanan diet.[4]Kolang-kaling juga bermanfaat untuk mengobati nyeri sendi dan mengandung kalsium sama dengan tulang sapi.[5] Kandungan mineral seperti protasium, iron, kalsium mampu menyegarkan tubuh dan memperlancar proses metabolisme tubuh.

Birunya cakep lho. Pewarna alam pulak. Biru dari si biru bunga telang.

Kolang-kaling biru, alpukat, tape dan parutan coklat* (kiriman kawan dari Makasar, asli coklat tanpa tambahan lain). Untuk siang yg panas di negri tropis. Salam dari Warung Martani Prambanan.

Resep:

Rebus 9 bunga telang dengan dua gelas air. Tambahkan kolang-kaling. Biarkan sampai kolang-kaling empuk, sekitar 15 menit. Matikan kompor. Biarkan setengah jam sampai warna biru meresap ke dalam kolang-kaling.

Ambil kolang-kaling biru, alpukat, tape. siram air santan kental. Tambahkan gula cair dan es jika suka. Hidangkan.

.

*Pak De Peni. Ini coklat kirimannya sudah dipakai. Salah-satunya untuk taburan es buah kolang-kaling. Coklat yg bener tuh memang rasanya pahit. Yang manis tuh gula, krim dan campuran susu yg kadang-kadang berlebihan. Asiknya punya temen yg mendampingi petani coklat. Terimakasih.

Tertarik bunga telang kering dan coklat murni? Untuk pemesanan es buah kolang-kaling, bisa melakukan reservasi di warung pecel Prambanan. Tiga km dari Candi Prambanan. Reservasi dulu yah.

Kontak Yusup 0813.1780.5953 untuk detil info dan pemesanan produk Martani.

Beras Sehat Martani

Martani Beras Sehat. Kami menyediakan aneka beras sehat, beras hitam, beras merah, beras coklat dan beras putih (jenis menthik susu dan pandan wangi). Dikemas plastik vakum untuk menghindari kutu.

Beras Hitam penangkal radikal bebas karena memiliki kandungan antosianin antioksidan yang sangat tinggi.

Beras Merah.

Beras Coklat.

Beras Menthik Susu.

Kontak Yusup 0813.1780.5953 untuk detil info dan pemesanan.

Produk Beras Sehat Martani dapat diakses di Toko Online Shopee, nama toko: Maguantara5678. Berikut linknya: https://shopee.co.id/maguantara5678. Periode sampai April 2017, promosi gratis/subsidi ongkir (hati-hati syarat dan ketentuan berlaku).

Akar Alang-Alang dan Teh Biru Bunga Telang di Warung Martani

Tanaman alang-alang diajarkan di sekolah sebagai rumput pengganggu, gulma istilahnya. Pada areal hutan yg baru dibuka, lahan tidur, maka alang-alang lah yg akan segera muncul. Para petani yg memakai system ladang bergilir akan mengeluh dengan kehadiran alang-alang. Penyabit rumput ternak kambing sapi pun enggan mengambil rumput ini karena memang daunnya keras – tidak bisa dikonsumsi ternak. Sebegitu tidak bergunanya kah alang-alang?

Teh Celup Biru Bunga Telang.

Eurih dalam Bahasa Sunda. Imperata cylindrica bahasa latinnya. Kayaknya Ebiet G Ade merujuk rumput yg bergoyang ke allant-alang deh. Hayo goceng-goceng haha. Ntar kalo ketemu, ta tannin yah.

Tumbuh merumput dengan tunas yang merayap di dalam tanah. Tingginya 30 – 180 cm, mudah berkembang biak, mempunyai rimpang kaku yang tumbuh menjalar. Batangnya padat, bukunya atau ruasnya berambut jarang.

Bunganya menguncup dengan panjang 6 – 30 cm, berwarna putih dan mempunyai biji-biji sangat kecil sekitar 1 mm dan berwarna coklat tua. Bunga atau bijinya berambut halus dan mudah diterbangkan angin. Tumbuhan itu dapat hidup pada ketinggian 1 – 2.700 meter di atas permukaan laut.

Entah sejak tahun berapa si rumput alang-alang malah dicari orang sebagai salah-satu herbal yg ampuh. Bagian rimpang – serumpunan akar baik yg masih basah maupun yg dikeringkan yg biasa digunakan herbal. Kalau tanaman ini begitu berguna, kenapa tidak ada kebun yg khusus menanam alang-alang? haha

Seiikat rimpang alang-alang kering siap seduh. Order kontak Yusup 0813.1780.5953.

Kalau ditanya apa khasiatnya alang-alang, google akan menawarkan banyak link yg mencantumkan setidaknya 20-an manfaat alang-alang. Melancarkan air seni, hipertensi, obat demam, kencing batu, radang paru-paru, asma, mimisan, hepatitis, prostat, diare, keputihan dan sari rapet, air kencing berdarah, kencing nanah, muntah darah, radang ginjal, asam urat.

Begitulah karakteristiknya tanaman herbal di negri ini. Satu tanaman punya banyak sekali khasiat. Tapi tetep kalau berobat berangkat ke Singapur atau Thailand (buat yg punya yang hehe). Lebih marem katanya.

Konon tidak disarankan ramuan alang-alang untuk yg punya lambung lemah dan sering beser. Kalau orangnya punya maag tapi keputihannya pengen sembuh gimana? Mbuh ora weruh. Mungkin dosis khusus. Wong petunjuk yg ada sangat general sekali, 500 gr direbus dengan 2 gelas sampai sat satu gelas, diminum 3 hari sekali. Para apoteker laboran mbok ya ada yg mau sharing serius di blog-nya gitu yah haha.

Rimpang alang-alang kering siap seduh.

Teh Biru Bunga Telang Alang-Alang
Di Martani kami menggunakan akar alang-alang sebagai campuran teh biru bunga telang. Memberi sensasi tisane yg khas. Kalau mau lebih kuat lagi, bisa ditambahkan kapulaga dan potongan Kayu Mesoyi yg biasa ditambahkan di wedang jahe. Rasa khas Mesoyi, dipadu dengan rasa jahe, biasa dinikmati para turis yg datang ke Jogja, sambil nongkrong di alun-alun, lesehan di trotoar. Nah turis Jogja banget deh.

Teh biru dicampur akar wangi juga enak, harum. Sereh wangi berbeda dengan sereh masak. Bagian tanaman sereh wangi yg diambil untuk minuman adalah daunnya, sedangkan bagian tanaman sereh masak yg biasa dipergunakan  adalah pangkal batang (dekat akar). Beberapa konsumen kami memilih batang sereh masak yg digeprek yg dipakai untuk pengaduk gelas teh biru bunga telang, beberapa suka dengan harumnya daun sereh wangi. Ada juga yg keberatan dengan bauk sereh wangi yg katanya identik dengan lotion obat nyamuk merk ttt.

Jika anda datang ke Warung Limasan Martani, silakan memesan teh biru bunga telang dengan aneka tambahan rasa sesuai selera. Kami akan siapkan disesuaikan dengan ketersediaan stok herbal yg ada.

Resep:
Ambil tiga rimpang alang-alang. Cuci bersih. Masukkan ke rebusan dua gelas air. Tambahkan 5 helai bunga telang kering. Biarkan mendidih jadi satu gelas. Minum selagi hangat. Tambahkan madu jika suka.

Kami membantu mendistribusikan alang-alang kering siap seduh yg kami dapat dari tukang jamu langganan. Bunga telang kering kami panen dari kebun petani lokal di daerah Trucuk dan Polanharjo, Klaten.

Kontak Yusup 0813.1780.5953 untuk mendapatkan alang-alang dan bunga telang kering siap seduh.

Menikmati teh biru bunga telang alang-alang bersama ibu-ibu di Dukuh Tulung, Kalasan.

Beberapa link terkait khasiat alang-alang:

 

Fahima Mengajak Mengenal Kelor

Ini adalah artikel yang ditulis oleh Fahima, seorang sarjana pertanian lulusan IPB Bogor. Fahima memproduksi serbuk dan daun kelor yang dikeringkan dan didistribusikan ke seluruh Nusantara. Pertemanan dengan Martani terkait kelor terjadi sejak kepindahannya ke tanah kelahirannya di Pare, Kediri tahun 2015.

Perjalanan saya bertemu dengan kelor ini sudah lama sekali, karena memang saya dari keluarga petani yang menanam berbagai macam tanaman yang tidak ditanam oleh kebanyakan petani  pada umumnya, yaitu seperti ganyong, garut, kunyit, jahe, kelor, katuk, kemangi, sawo, kenanga, sebagai pengisi halaman rumah buyut yang kosong. Di keluarga kami paling sering memasak sayur bening klentang (buah dari kelor) karena rasanya enak dan  menyegarkan jika disantap sepulang dari sawah.

Selanjutnya sewaktu saya masuk kuliah di Bogor, tetiba kangen dengan sayur bening klentang dan terpikir di lingkungan Sunda banyak makanan lokal yang tidak diketahui oleh saya, tapi orang Sunda tidak mengenal kelor sebagi tanaman sayur melainkan tanaman magic, jadi mereka takut mengkonsumsinya meski ada beberapa orang yang tanam kelor di halaman rumahnya.

Menjelang akhir kuliah, saya memilih penelitian tentang produksi sayuran indigenous (sayuran lokal asli daerah) sebagai bahan skripsi saya. Dari sini saya bingung memulai penelitian darimana? Maklum saya yang pendiam dan gampang minder sangat segan dengan dosen pembimbing saya untuk berkonsultasi, jadi agak lama memulai penelitian, selain itu saya ada terkendala di dana untuk menyiapkan bahan tanaman sayur yang akan diteliti.

Alhamdulillah tiba-tiba ada teman dari BEM memberikan informasi lewat sms gratisan, hehehe (2010 jaman belum muncul smartphone) dapat info tentang sosialisasi kompetisi dari perusahaan PT Sharp Elektronik Indonesia yaitu “Sharp Idea Award 2010” bertema Product Idea yang fungsional dan Environment Actvity, saya merasa tergiur sama hadiah yang ditawarkan dari sosialisasi tersebut. Ada syarat jika minimal masuk finalis kami akan mendapatkan insentif lumayan buat ukuran mahasiswa, jika sudah masuk finalis saya bisa memulai belanja bahan penelitian skripsi.

Saya memilih kategori Environment activity ide yang muncul dibenak saya memanfaatkan air banjir Jakarta untuk sumber air minum dengan cara apa? Sambil cari-cari referensi bacaan bahwa kalau negara Afrika yang minim dengan air minum, mereka memanfaatkan biji klentang untuk menjernihkan air. Di Indonesia sendiri tanaman kelor banyak, tapi banyak orang Indonesia yang belum tahu tentang manfaat tanaman-tanaman disekitarnya.

Kemudian saya mengajukan judul “Penanaman Pohon Kelor (Moringa oleifera) untuk Penghijauan di Kawasan Sungai Rawan Banjir dan Buahnya untuk Koagulan Filtrasi Air”.

Referensi yang saya dapat kebanyakan dari jurnal ilmiah asing daripada lokal yang memyebutkan bahwa tanaman kelor banyak mengandung vitamin mineral yang cukup banyak daripada sayuran-sayuran yang kita tanam pada umumnya. Dari situ saya tertarik ingin mengenal lebih dekat lagi dengan kelor.

Di beberapa pulau Indonesia dari yang tebanyak tanam kelor di Nusa Tenggara dan Jawa Timur. Namun masih kebanyakan orang mengenal kelor sebagai tanaman magic “menghalau santet atau melunturkan kekuatan supranatural”, sampai sekarang masih ada yang beranggapan seperti itu.

Secara ilmiahnya iya, kelor bisa bantu memenuhi gizi bagi yang mengkomsumsimya sehingga badan merasa sehat, segar dan bugar jadi kebal dari penyakit. Kalau di Jawa Timur terutama daerah Sidoarjo dan Pasuruan akan mudah menemuai di pasar tradisioanl yang menjual klentang muda untuk sayuran, awal mula yang saya ketahui polong mudanya yang bisa dikonsumsi tenyata bagian daun dan bunga kelor juga enak dikonsumsi sebagai sayur bening dan bersantan.

Tahun 2015 mulai banyak yang mengenal kelor sebagai tanaman sayur menyehatkan, dan mulai muncul permintaan sayuran tersebut. Padahal keluarga kami sendiri sewaktu penelitian kelor menyempatkan diri mengolah kelor menjadi powder dan dimasukkan kapsul dan konsumsi pribadi sejak 2012 dan bahkan saya dikirimi tepung kelor oleh ibu ke kosan (maklum masih anak kosan di Bogor). Kadang-kadang saya seduh serbuk kelor dan diminum, juga untuk membuat masker.

Sampai 2 tahun pun tepung kelornya masih ok warna hijaunya dan disimpan diteduh tidak kena sinar matahari dan lampu. September 2016 saya memulai mengenalkan kelor kembali dengan kemasan lebih kecil dan ekonomis untuk pelengkap nutrisi makanan ataupun sebagai minuman herbal.

Jika ingin membuat sendiri tepung kelor sendiri dirumah juga sangat mudah. Begini urutannya:

  • Caranya dengan panen daun yang warnanya masih hijau segar, kemudian cuci dengan air bersih dan diangin-anginkan sampai layu.
  • Selanjutnya urai daun diatas nampam dan kering anginkan atau dijemur dibawah sinar matahari dan sambil digetarkan dari tangkai daun agar rontok dengan sedirinya.
  • Kemudian jemur lagi sampi krisik (alias seperti krupuk yang masih krispi) lalu di giling atau blender dan saring sampai halus.
  • Selanjutnya simpan tepung dalam wadah plastik atau toples kering dan tutup rapat, dan bisa digunakan sewaktu-waktu jika ingin membuat minuman atau adonan kue-kue yang dicampuri dengan kelor.

Jika belum ada waktu membuatnya bisa pesan di Martani. Kontak Yusup 0813.1780.5953 untuk detil info dan pemesanan produk Martani.

Nasi Jagung Daun Adas

Sebungkus nasi jagung dihidangkan dengan rebusan daun adas, campuran bumbu urab kelapa muda dan sambal pedas ikan teri. Dijual 2500/bungkus di Pasar Jeblog sebelah selatannya, bersebrangan dengan Umbul Ponggok. Si ibu mangkal dekat pintu pasar sebelah selatan.

Nasi jagung daun adas adalah makanan khas Boyolali. Tetamu kami di Warung KaTa Pusur biasanya kami tawarkan jika mau mencicipi nasi jagung daun adas. Kelompok vegetarian umumnya menikmati rasa nasi jagung yg memang rasa starchy-nya sangat khas terasa.

Sebungkus Nasi Jagung Daun Adas.

Jika kebetulan ke Umbul Ponggok, sempatkan melihat pasar tradisional di sebrangnya umbul yg selalu ramai pengunjung ini. Menikmati dinginnya air Umbul Ponggok sambil menikmati hidangan alami nasi jagung, hmmm sedapnya wisata Klaten.

Pasar Jeblok sebelah selatannya Umbul Ponggok.

 

Bubur Ayam Kelor dan Mie Mokaf

Sumber karbohidrat bisa diolah dari nasi dan mie.
Bubur kelor top. Biasanya bubur berwarna putih. Kali ini nikmati bubur berwarna hijau. Campuran serbuk kelor menjadikan semangkuk bubur anda menjadi lebih sehat.

Mie mokaf terbuat dari campuran tepung mokaf (60%) dan tepung terigu (40%).

Resep bubur kelor.
  • Ambil tiga sendok nasi. Tambahkan satu gelas air. Blender haluskan.
  • Panaskan dua gelas air sampai mendidih. Masukkan nasi yg sudah diblender.
  • Tambahkan satu sendok nasi putih ke dalam panci.
  • Tambahkan dua sendok serbuk kelor. Aduk.
  • Tambahkan garam sesuai selera.
  • Angkat, hidangkan dengan suiran ayam, telur, goreng bawang dan bawang daun.

Kontak Yusup 0813.1780.5953 untuk mendapatkan detil info dan produk Martani Beras Sehat (beras putih menthik susu, serbuk kelor, mie mokaf less gluten).