Resep Telur Biru Bunga Telang Martani

Telur biru wow wow …

Cara membuat:

  1. Rebus 6 buah telur sampai matang. Ambil panci, isi 3 gelas air, didihkan, masukkan telur. Biarkan mendidih 15 menit. Tunggu sampai rebusan telur cukup dingin untuk dikupas kulitnya.
  2. Ambil panci, isi 1 liter air. Didihkan. Masukkan 5 gram (kurleb 90 petal) bunga telang kering (kalau punya bunga telang segar josss). Tunggu 3 menit sampai air berubah menjadi air biru.
  3. Masukkan telur matang ke dalam air biru. Didihkan selama 10 menit.
  4. Masukkan telur rebus dan air biru ke dalam toples setelah dingin. Simpan di dalam kulkas selama 2 hari.

Kontak Najib 0811.2640.242 untuk mendapatkan bunga telang kering siap seduh. Kunjungi toko online kami di Shopee.co.id/Tanindi.id dan Tokopedia.com/MartaniJogja 

Bunga Telang Martani & Lomba Angka Kecukupan Gizi Keluarga

Pernah dengar istilah AKG dan B2SA? Angka Kecukupan Gizi dan Bergizi Berimbang Sehat dan Aman.

Lomba Menu B2SA, Bergizi, Berimbang, Sehat, Aman diadakan oleh Kabupaten Sleman. Martani diminta Bu Camat untuk mewakili Kecamatan Kalasan.

Ibu Bupati Sleman (istri) berkenan mendengarkan penjelasan tentang bunga telang Martani.

Menjadi tantangan menyajikan menu berbahan dasar lokal sehat dengan kalori sesuai dengan usia dan jenis kelamin, dan batasan bujet harian sebuah keluarga.

Sukun tumbuk. Alternatif smashed potatoes yang kentang ne diganti pake breadfruit. Gak pake beras, gak pake terigu. Cita-cita ne mulia. Ingin orang hidup sehat berkecukupan gizi dan seimbang. Prakteknya terserah anda, menjadi konsumen cerdas yg mengenal asal makanan dan pembuatnya.

Sukun tumbuk bukan smashed potato

v

d

c

c

c

c

d

 

c

Kolang-Kaling Biru Bunga Telang

Selalu suka dengan kolang-kaling, atau biasa disebut buah atap, yaitu biji pohon Aren (Arenga pinnata). Hidangan wedang ronde akan ditambahkan kolang-kaling warna merah atau hijau. Kali ini kami tawarkan kolang-kaling warna biru.

Kutipan info kolang-kaling dari Wiki. Makanan diet, penghilang nyeri sendi, kandungan kalsium setara tulang sapi (emang kita makan tulang sapi haha), pelancar BAB (testimoni beberapa konsumen kami).

Kandungan karbohidrat yang dimiliki kolang kaling bisa memberikan rasa kenyang bagi orang yang mengonsumsinya, selain itu juga menghentikan nafsu makan dan mengakibatkan konsumsi makanan jadi menurun, sehingga cocok dikonsumsi sebagai makanan diet.[4]Kolang-kaling juga bermanfaat untuk mengobati nyeri sendi dan mengandung kalsium sama dengan tulang sapi.[5] Kandungan mineral seperti protasium, iron, kalsium mampu menyegarkan tubuh dan memperlancar proses metabolisme tubuh.

Birunya cakep lho. Pewarna alam pulak. Biru dari si biru bunga telang.

Kolang-kaling biru, alpukat, tape dan parutan coklat* (kiriman kawan dari Makasar, asli coklat tanpa tambahan lain). Untuk siang yg panas di negri tropis. Salam dari Warung Martani Prambanan.

Resep:

Rebus 9 bunga telang dengan dua gelas air. Tambahkan kolang-kaling. Biarkan sampai kolang-kaling empuk, sekitar 15 menit. Matikan kompor. Biarkan setengah jam sampai warna biru meresap ke dalam kolang-kaling.

Ambil kolang-kaling biru, alpukat, tape. siram air santan kental. Tambahkan gula cair dan es jika suka. Hidangkan.

.

*Pak De Peni. Ini coklat kirimannya sudah dipakai. Salah-satunya untuk taburan es buah kolang-kaling. Coklat yg bener tuh memang rasanya pahit. Yang manis tuh gula, krim dan campuran susu yg kadang-kadang berlebihan. Asiknya punya temen yg mendampingi petani coklat. Terimakasih.

Tertarik bunga telang kering dan coklat murni? Untuk pemesanan es buah kolang-kaling, bisa melakukan reservasi di warung pecel Prambanan. Tiga km dari Candi Prambanan. Reservasi dulu yah.

Kontak Yusup 0813.1780.5953 untuk detil info dan pemesanan produk Martani.

Testimoni Khasiat Bunga Telang

Testimoni biasanya dilakukan para konsumen pemakai satu jenis produk ttt. Misalnya obat jerawat, pemutih kulit, peninggi badan, penurun berat badan, menyebut beberapa yg kekinian.

Testimoni yg kami terima dari Si Mbah yg pada awalnya dikenalkan minum teh biru bunga telang setelah berkunjung ke Warung Martani Tulung Kalasan. Kebetulan rumah si Mbah berdekatan dengan Warung Martani.

Si Mbah datang ke Limasan Martani, minta ijin memetik bunga telang yg tumbuh di halaman. Setelah rajin menyeduh bunga telang, pegel-pegel badan berkurang, katanya. Silakan petik Mbah. Senang mendapat masukan bahwa tanaman di halaman berguna untuk orang lain.

Seorang ibu yg lain, rajin meminum seduhan bunga telang untuk mengencerkan darah katanya. Kalau beli obat di apotik ya lumayan, jadi saya minum seduhan herbal saja untuk menjaga kesehatan, imbuhnya lebih jauh. Wah malah sehat itu Bu. Herbal segar petik langsung jelas tanpa pengawet!

Ada zat pemberi rasa rileks yg dikandung dalam warna biru si bunga telang. Farmakologi secangkir teh biru bunga telang belum dituliskan secara detil, pengetahuan tentang khasiat bunga telang didapat dari penelusuran dunia maya. Tetapi testimoni seperti ini akan memperkuat bahwa herbal alami memang menyehatkan tubuh.

 Bunga Telang: Menghilangkan pegal, mengencerkan darah.

Kami mengemas bunga telang menjadi teh celup biru bunga telang. Praktis memudahkan konsumen mengkonsumsi teh biru. Tinggal seduh air panas, siap dihidangkan.

Produk terbaru kami yaitu teh celup hijau bunga telang. Yes hijau warnanya. Serbuk bunga telang yg dicampur dengan serbuk sereh wangi menghasilkan warna hijau. Cakep warnanya. Segar diminum saat hangat.

Beberapa konsumen Martani penderita maag bilang kalau konsumsi teh hijau bunga telang menghilangkan rasa melilit di perut yg biasanya menyerang para penderita penyakit ini. Sereh wangi memang dikenal punya zat untuk menyehatkan.

Serai Wangi bernama latin Cymbopogon nardus L., sedangkan sereh yg biasa dipakai memasak bernama latin Cymbopogon cytrates. Daun sereh wangi: digunakan sebagai peluruh angin perut, penambah nafsu makan, pengobatan pasca persalinan, penurun panas dan pereda kejang.

Teh celup ungu adalah campuran antara serbuk bunga telang dan rosela. Produk ini mulai ngehits karena warna maroonya memang sangat menarik. Beberapa konsumen mengakui kalau teh ungu bunga telang bisa disejajarkan dengan teh earl grey impor. Jajaja ….. Sukurnya teh ungu ini produk petani sendiri.

Inilah kandungan zat istimewa yang ada didalam teh rosella:

  • Dalam 100 gr bunga Rosella terdapat 260 sampai 300 mg nutrisi termasuk Vitamin  A, C dan D
  • Mengandung vitamin B diantaranya Thiamin 0,118 mg, Riboflavin 0,278 mg, Niacin 3765 mg
  • Memiliki kandungan kalsium tinggi sebesar 486 mg
  • Memiliki kandungan protein yang baik sebesar 7,6 gr
  • Memiliki kandungan zat besi yang tinggi 8.98 mg
  • Mengandung kalium dan natrium
  • Mempunyai 18 jenis Asam amino Essensial termasuk Agrinine dan zat Lysine
  • Memiliki serat yang tinggi 12 gr, betakaroten sebesar 0,029 mg, Omega 3, Magnesium
  • Zat Gossipetin, antosianin, Glukosida hibiscin, senyawa Fenolik

Bunga Telang Martani

Stiker Bunga Telang Martani by APK

Ada banyak pertanyaan, apa tuh bunga telang? Kenapa bunga telang mengeluarkan warna biru? Apa khasiat teh biru bunga telang? Apa rasa teh biru bunga telang? Makanan apa saja yg bisa menggunakan bunga telang untuk pemberi warnanya?

Bunga Telang itu namanya. Clitoria ternatea nama latinnya. Tanaman ini tumbuh merambat, oleh karenanya baik dipakai sebagai tanaman penutup / rambatan di pagar atau tembok rumah . Saat matahari pagi bersinar, morning blossom memang istilah yg pas. Puluhan bunga biru akan bermekaran menyambut anda seperti hamparan permadani motif tutul-tutul.

Ambil beberapa bunga telang segar, seduh air panas. Biarkan sejenak, aduk. Tambahkan jeruk nipis akan mengubah warna teh biru menjadi ungu. Tambahkan gula jika suka (saya sih suka rasa tawarnya).

The biru bunga telang mulai marak di warung-warung kecil, bukan hanya di cafe-cafe kota besar. Kenapa begitu. Karena kami ingin melihat si produsen petani bunga telang juga mendapat keuntungan finansial dan eksis atas usahanya mengembang-biakkan bunga telang.

Ditanam di sekitaran warung, dipetik ketika pagi, dikeringkan dan dikemas jika ada yg membutuhkan.

Sampoo ekstraksi bunga telang produksi Thailand. Belum pernah lihat ada yg produksi di Indonesia. Semoga segera ada lah. Tantangan buat kita semua untuk mengolah produk pertanian kita.

 

Jajaran bunga telang segar siap dikeringkan. Tujuan pengeringan agar dapat disimpan lebih lama. Martani menjual bunga telang kering siap seduh.

 

Tanaman bunga telang tumbuh merambat.

Order bunga telang kontak Yusup 0813.1780.5953.