Martani Gardening Small Project

Keinginan untuk mengolah lahan sendiri, terfasilitasi juga saat Si Mbah mempersilakan satu petak lahannya dipakai untuk percobaan. Silakan katanya. ‘Saru’ tambahnya saat kami membicarakan soal biaya sewa. Nah ini yg all out, bahkan dari segi status kepemilikan lahan sudah berbagi dan saling percaya. Pemilik lahan percaya bahwa lahannya akan menghasilkan sesuatu, begitu juga kami yg sudah siap dengan berbagai rancangan berkebun ramah lingkungan yg sempat terputus pada proyek kebun sebelumnya. Dan semuanya indah pada waktunya …

Cerita Awal

Harga kacang panjang dua ribu rupiah per kg. Mbah putri yg biasa nganterin kacang ke Pasar Tulung menawarkan suatu pagi. Bu mau beli kacangnya? Ya, kami pun bersemangat membeli produk petani lokal. Si Mbah adalah salah-satu tetangga kami di Dusun Tulung, Kalasan, tempat Warung Martani Tulung Kalasan beroperasi.

Jatuh diserempet mobil curcolnya pagi itu sambil menunjukkan bagian sikut dan dengkul yg memar kehitaman. Mobilnya apransa putihnya mabur. Padahal saya sudah berteriak. Seorang tetangga lain, membantunya mengantar ke rumah. Tidak ada yg terluka parah, hanya kaget. Ah belum lagi harga pertanian yg 2 ribu perak per kg, ditambah lagi pertanyaan jaminan asuransi kesehatan untuk petani. Adakah perhatian pemerintah dan kita semua lebih baik untuk kelompok petani penyedia makanan harian kita?

Kami sempatkan main ke kebun kacang panjangnya si mbah. Ingin melihat bagaimana proses penanaman yg selama ini mereka lakukan. Kebetulan kami membutuhkan aneka sayuran lokal sehat. Tentu saja kalau kami semua yg tanam, bukan strategi yg cantik. Tidak cukup energi. Sekaligus tidak terlibat interaksi dengan sang produser para petani ini.

Si Mbah sedang membongkar tanaman kacang panjang yg sudah tidak produktif lagi berbuah. Untuk pakan sapi katanya. Saya hanya punya satu sapi yg dipelihara di kandang kelompok yg dikelola bersama peternak lain di Dusun Tulung.

Masa peremajaan kacang panjang dilakukan setelah 4-5 bulan. Sebelum membongkar tanaman kacang panjang, si Mbah sudah terlebih dahulu menanam bibit tanaman cabe. Saat tanaman kacang panjang dibongkar, tanaman cabe sudah berdiri sekitar 10 cm, ditanam minggu lalu katanya.

Perbincangan mendalam pun kami lanjutkan setelah melihat langsung kebun kacang panjangnya.

Martani Gardening Small Project

Sebut saja begitu, kegiatan yg kami sepakati adalah menyediakan pupuk cair fermentasi untuk tanaman di petak sebelah barat. Hal lain yaitu menanami aneka tanaman yg potensial memberikan nilai guna lebih di petak ini. Silakan ibu boleh tanam apa saja di sana. Ah girangnya menemukan petani yg sesungguhnya yg dengan kerelaan hati membolehkan kami ikut serta belajar bertani.

Telang pertama 8 Mei 2017.

Si Mbah memiliki 5 petak tanaman kebun sayuran. Satu petak paling barat, pas di pinggir jalan dibiarkan ditumbuhi rumput. Kemudian berjajar 3 petak yg ditanami kacang panjang dan cabe. Dan satu petak di sebelah timur yg juga tidak terlalu dipelihara.

Hal pertama yg kami lakukan adalah menanam bibit bunga telang yg kebetulan tersedia di halaman Limasan Martani. Menanam bunga telang pertama di lahan kebun si Mbah pada tanggal 8 Mei 2017. Catat, itu tanggal bersejarah buat projek kerjasama asik ini.

Ini pengalaman pertama kami menanam bunga telang di lahan terbuka. Mas War menanam di bawah tegakan jati dimana ekspose matahari tidak penuh. Beberapa tanaman kami juga umumnya tumbuh di pot, merambat ke pagar tanaman, di halaman rumah. Bukan di kebun terbuka seperti ini.

Selain asupan cahaya, yg kami pertimbangkan adalah asupan air setiap harinya. Kebun ini memiliki aliran irigasi cukup baik. Ada selokan irigasi baik di ujung barat maupun ujung timur. Karena bunga telang bukan tanaman utama, melainkan tanaman sampingan cabe dan kacang panjang, yg sudah punya jadwal rutin diairi, maka kami tidak khawatir.

9 Mei 2017 POC #1

Karena tanaman telang adalah hal baru buat si mbah, maka kami juga harus memberi perhatian ekstra. Memastikan agar tanaman ini terpelihara baik.

Tapi keraguan itu gugur setelah dalam hitungan tiga minggu, beberapa tanaman bunga telang sudah bisa dipanen (29/Mei/2017).

Pada tanggal 9 Mei 2017 kami mulai menggunakan pupuk cair yg kami buat sendiri untuk memupuk tanaman cabe, kacang panjang dan bunga telang yg tumbuh di petak 1. Tidak perlu menggunakan NPK seperti biasanya ya Mbah. Beliau juga sepakat tidak menggunakan semprotan pestisida.

Tanggal 11 Mei 2017, tanaman di petak barat diberi pupuk tepung kulit telur. Kalium tinggi yg terkandung di kulit telur.

Kami menerima sumbangan kulit telur dari beberapa kawan pemilik rumah makan di Jogja. Mereka menyumbangkan sampah kulit telurnya untuk kemudian kami jadikan pupuk.

Tanggal 15 Mei 2017, pemberian POC (pupuk organik cair) yg ke-2. Kami meminjamkan tangki penyiraman berupa ransel punggung. Wah ini mudah bekerja, tidak sakit punggung kata si Mbah. Alat modifikasi sederhana  yg kami dapatkan di toko pertanian setempat.

Tanggal 17 Mei 2017, pemberian POC yg ke-3 di petak barat dan dua petak lainnya. Si Mbah menaburkan pupuk NPK di dua petak miliknya. Tetapi kemudian meminta ijin meminta POC untuk disemprotkan di 2 petak miliknya.

Daun lebih berwarna hijau. Ukuran daun lebih lebar. Pertumbuhan tanaman cabe yg diberi POC dan tepung kulit telur jelas lebih baik. Hasil pengamatan itu dilakukan dengan sukarela.

Ini adalah sebuah kemenangan buat kami yg patut kami syukuri. Berbeda dengan pendekatan proyek dimana masyarakat hanya melakukan sesuai jadwal proyek, tapi untuk kasus ini, si petani meminta agar tanaman di petak lainnya disemprot juga dengan pupuk cair buatan.

Tepung Kulit Telur untuk Pupuk Bunga Telang
Perkecambahan Kacang Panjang (15/Mei/2017)

Sekitar ccc hari kemudia, kami sudah bisa melihat biji kacang panjang yg timbul. Benih kacang panjang berwarna merah, beli dari toko pertanian terdekat. Sudah tidak ada benih kacang lokal, susah dapatnya, katanya.

Jenis pupuk yg biasa dipakai petani. Setengah kuintal dibutuhkan untuk mupuk dari depan sampai belakang sana, sambil menunjuk ke lahan sebelah milik tetangganya si Mbah. Kalau harga NPK 15 ribu per kg, sudah bisa dihitung berapa rupiah yg harus dikeluarkan untuk pemupukan.

Itu lihat hasilnya begitu saja, sambil menunjuk ke kebun cabe di sebelah. Bandingkan dengan cabe saya yg menggunakan pupuk cair yg ibu buat, katanya ada nada bangga terdengar.

Setelah dua minggu ikut belajar berkebun, menanami petakan bagian barat, ternyata tanaman cabe yg tumbuh di bagian timur sudah belajar berbuah. Saat ini masih 1-2 ons, untuk kebutuhan sendiri saja. Nanti kalau produksi sudah setengah kilogram, baru kita jual.

Menjelang Lebaran Menantikan Panen Cabe (24/Mei/2017)

Bunga Telang Andalan

Harga bunga telang kering cukup menggiurkan, mudah perawatan, cepat tumbuh dan mendapatkan hasil, setiap hari bunga telang dipanen. Sedikit ketekunan untuk mengeringkan bunganya.

Biji Bunga Telang Berkecambah setelah Tiga Hari Semai (14/Mei/2017)

Tidak sampai satu bulan menggarap petakan bagian barat, hampir setiap hari intensif berkebun, si Mbah bisa melihat hasilnya. Dia minta agar larikan bunga telangnya ditambah. Di sini bisa juga Bu ditanami bunga telang, diantara jagung dan cabe. Karena jagung khan hanya tiga bulan untuk panen. Untunglah kami sudah menyiapkan bibit telang sebelum permintaan itu muncul.

Bibit yg Bagus Mempercepat Masa Panen

Bunga-bunga telang mulai bermunculan pada minggu kedua setelah penanaman. Ada dua jenis bibit yg kami tanam, pertama bibit yg ditumbuhkan dari biji, dan bibit yg memang sudah siap tanam usia 3 bulan. Kombinasi antara kedua jenis penanaman bibit ini menambah semangat berkebun, karena tidak perlu menunggu terlalu lama si bunga mekar.

Satu Bulan setelah Penanaman Bunga Telang.

Penyakit Tanaman Cabe, Kacang Panjang dan Pisang

Cabe: keriting daun, busuk batang dan busuk buah. Yang sudah kami lakukan: membuat pestisida alami dari fermentasi tembakau. Menyemprotkan fermentasi tembakau pada sore hari untuk mengusir kutu putih. Menaruh jebakan serangga menggunakan air susu dan potongan daun sawi putih.

Ada juga tanaman cabe yg berdaun albino. Belum tahu bagaimana penanganannya.

Penyakit cabe lainnya adalah busuk batang yg diikuti gugurnya pohon cabe. Panen cepat begitu saran seorang kawan agronomis.

Berharap ada kawan petani lain yg bisa sharing soal penanganan penyakit tanaman. Selain berharap harga cabe tidak jelek menjelang hari raya seperti ini.

Semprot Fermentasi Tembakau

Penyakit kacang panjang adalah kutu hitam. Menyerang daun muda. Jika dibiarkan, tunas daun akan habis, tidak ada bunga keluar. Disemprot air, mencoba mengusir sang kutu. Ada cara lain?

Kutu Hitam Kacang Panjang

Penyakit pisang busuk batang. Beberapa batang pisang yg sudah berbuah, tetiba mengering. Buah tidak sempat terpanen. Kenapa ya? Apakah penyakit pisang ini menular? Karena ada beberapa pohon yg mengalami busuk batang seperti ini.

Busuk Batang Pisang yg sedang Berbuah.

Sampah plastik adalah hal lain yg menganggu di lahan kebun. Diantara gulma rerumputan, bisa ditemukan kemasan plastik bekas makanan. Sebut saja jajanan pabrikan yg iklannya kerap muncul di layar kaya, dengan mudah si plastik nyelip diantara tanah dan rerumputan. Sampah plastik masuk terbawa arus air saat saluran irigasi dibuka.

Sungguh jika saja pemilahan sampah dilakutan ketat, jangan biarkan ada sampah masuk ke sungai dan aliran irigasi, itu sudah sangat membantu kami petani. Kepada siapa himbauan surat terbuka ini ditujukan? Jika tidak sanggup mengelola sampah plastiknya, sebaiknya tidak perlu mengkonsumsi makanan itu. Arghhhhhhh……. dilema.

Sampah Plastik Siapa Ini?

Kebun Sebagai Tempat Pendidikan Anak

Kami mengajak anak bekerja bermain di kebun. Tidak lama hanya 1-2 jam di pagi hari, sambil berolahraga menikmati matahari pagi. Mengajak mereka melihat bagaimana makanan yg terhidang di meja ditanam.

Matun adalah aktifitas utama petani. Banyak petani menyemprotkan fungisida untuk mematikan rumput. Harga sayuran yg tidak disemprot fungisida menjadi lebih tinggi karena membutuhkan tenaga manusia lebih banyak untuk pemeliharaannya. Biasanya dua jam dihabiskan sepasang suami-istri ini untuk matun kebun sayurannya.

Matun Membersihkan Gulma

Jenis Tambahan Lain

Krokot adalah tanaman yg dianggap gulma oleh banyak petani. Padahal krokot memiliki kandungan omega 3 yg lebih tinggi dibanding minyak ikan.

Krokot Omega 3 Tinggi

Jahe merah menjadi populer di Desa Tamanmartani setelah diadakan lomba TOGA, Tanaman Obat Keluarga.

Jahe Merah

x

Kacang tanah tumbuh diantara cabe dan kacang panjang.

 

Kami menjadi mengenal jenis tanaman yg membuat gatal di kulit.

Closing

Kami menikmati kerja pagi berkebun. Sebungkus gatot manis sudah disiapkan di sela-sela matun. Rasanya enak makan di kebun. Cuci tangan dari sebotol air, langsung hap. Mungkin justru di situ letak seninya. Pernah baca sih, sedikit kandungan tanah adalah baik untuk pencernaan. Nah!

d

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *