Tiwul Gaplek Gluten Free

Aneka olahan singkong, ada tiwul, oyek, intil dan gatot. Tiwul populer di perdesaan di Jawa, biasanya dijual sebagai jajanan pasar, sarapan pagi hari.

Tiwul adalah makanan khas Gunung Kidul, begitu orang mengenalnya. Terbuat dari gaplek, singkong yg sudah dijemur dikeringkan. Berserat tinggi, Indeks Glikemik rendah, cocok untuk sarapan pagi, alternatif pengganti nasi putih yg punya nilai gula tinggi.

Sekarang sudah banyak tersedia tepung gaplek, tentunya kehadiran tepung gaplek memudahkan membuat tiwul dibandingkan jaman dulu saat tiwul dibuat dari gaplek yg ditumbuk. Tepung gaplek dicampur dengan air, kukus, siap hidangkan.

 Walau terlihat sederhana, pembuatan tiwul dari tepung gaplek punya beberapa trik. Ada istilah tertentu juga untuk proses mencampur tepung dengan air, di-interi kata Billy. Harus dipastikan setiap buliran tepung tercampur merata, memastikan kukusannya matang.

Berikut tahapan pembuatan tiwul.

1. Timbang 1 kg tepung gaplek.

2. Siapkan 200 ml air.

3. Tambahkan air ke dalam adonan tepung gaplek.

4. Aduk rata.

5. Campuran tepung dan air akan menggumpal.

 

5. Interi tepung yg sudah dicampur air. Ambil tampah. Gosok-gosok campuran tepung hingga buliran kecil kerikil terbentuk.

6. Kukus selama 20 menit.

Siap dihidangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *