Warung Pecel PSSM Prambanan – Kenikir

Warung Pecel PSSM Prambanan, begitu kami menamai tempat ini. Pecel Sego Sehat Martani. Tentunya karena di warung ini, kami menyediakan panganan sehat pecel yg bahan dasarnya diambil dari radius 20 km di sekitaran warung berada. Batasan ini sesuai dengan diskusi mancanegara tentang Food Security (ketahanan pangan) yg menganut sistem lokalitas. Bahwa bahan dasar penyusunnya bukan barang impor. Hal ini akan erat dengan harga produk.

Empat ribu rupiah saja, si pembeli dapat memilih tiga jenis nasi beras sehat Martani, beras hitam, beras merah dan beras putih Menthik Susu. Sayuran pecel PSSM adalah kenikir, bunga turi, daun pepaya, bayam potong dan jantung pisang (tergantung ketersediaan barang). Bumbu pecel menggunakan kacang tanah yg ditanam di areal sekitaran Prambanan.

Kenikir tumbuh di halaman.

Kenikir adalah sayuran yg biasa tumbuh di halaman rumah di perdesaan. Nama lain kenikir adalah ulam raja, mitir jawa, kenikir kuning. Photo di atas diambil di sebuah rumah di Bugisan.

Ada dua jenis kenikir, Cosmos sulphureus (bunga warna kuning, oranye) dan Cosmos caudatus (bunga kecil warna pink). Keduanya bisa dimakan. Mudah cara menumbuhkan tanaman kenikir. Biji disebar, tunas akan tumbuh beberapa hari kemudian.

Bahwa panganan sehat idealnya dapat diakses orang kebanyakan. Pinarak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *