Teknik Budi Daya Beras Merah

Persiapan Lahan

a. Lahan dibersihkan dari tanaman penggangu dan rumput dari sisa tanaman atau gulma liar.

b. Kemudian hanya di cangkul tanpa digaru atau di bajak (minimum tilage)

c. Pemberian pupuk, biasanya menggunakan pupuk kandang.

Penanaman

Penanaman dilakukan pada awal musim hujan setelah dua atau tiga kali turun hujan di bulan Oktober-November. Penanaman dilakukan dengan cara:

a. Penanaman padi adalah sistem TABELA atau tanam benih langsung.

b. Pemberian lubang menggunakan tongkat kayu untuk menanam benih dengan kedalaman 3-5 cm dan jarak 20×20 cm.

c. Setiap lubang yang sudah di tugal di beri benih sebanyak 4-7 benih.

d. Kemudian tanah ditutup kembali.

Pemeliharaan

a. Penyulaman

Dilakukan pada umur 1-3 minggu setelah tanam dengan mengganti tanaman yang mati atau terlihat tidak sehat.

b. Penyiangan

Pada pemeliharaan hanya dilakukan penyiangan rumput, tanpa ada pengairan karena hanya mengandalkan air tadah hujan. Penyianagan dilakukan secara mekanis dengan cangkul kecil, sabit atau dengan tangan waktu tanaman berumur 3-4 minggu dan 8 minggu. Pembumbunan dilakukan bersamaan dengan penyiangan pertama dan 1-2 minggu sebelum muncul malai.

c. Pengendalian hama dan penyakit

Dilakukan apabila tingkat serangan > 5 %, dilakukan penyemprotan dengan pestisida. Apabila < 5 % tingkat serangannya, maka dilakukan pengendalian secara manual. Pemupukan biasanya menggunakan pupuk organik atau anorganik, pupuk organik dengan pupuk kandang yang diberikan kepada tanaman setelah berumur tiga minggu.dan pupuk anorganik seperti urea, TSP dan KCL.  Pupuk TSP dan KCl diberikan saat tanam dan urea pada 3-4 minggu dan 8 minggu setelah tanam.

d. Pemanenan

Padi merah mempunyai umur panen sekitar 5-6 bulan setelah tanam. Pemanenan padi merah didaerah gunung kidul yogyakarta dilakukan dengan menggunakan ani-ani atau arit. Pemetikan biasanya oleh para ibu-ibu dan upah pemanenan yaitu bukan dibayar dengan uang melainkan dengan bagi hasil untuk setiap padi yang dipanen.  Jika penggunaan arit petani memotong tanaman padi pada batang sekitar 10 cm dari pangkal batang, dan pemanenan dengan cara ini biasanya laki-laki yang melakukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *